kumpulan berbagai tutorial

Cara Cek Artikel Yang Dicopas (Duplikat) Dengan Kueri Google

Sebagai seorang blogger sekaligus pencipta konten (artikel blog), anda mempunyai aneka macam resiko atas konten tersebut, salah satunya ialah duplikasi atau penggandaan artikel anda ke halaman web/blog lain (dengan kata lain: copas [copy-paste]). Banyak sahabat blogger yang bertanya wacana cara saya menemukan blog yang memuat ulang artikel saya. Apakah ada alat khusus? Apakah ada alat otomatis? Ya, ada sebenarnya. Tapi sebagian besar artikel copas yang saya temukan justru merupakan hasil dari pencarian di Google, baik secara tidak sengaja maupun dengan memakai kueri-kueri dan fitur perintah pencarian tertentu. Itupun bekerjsama tidak dikhususkan untuk mencari artikel copas. Tapi dengan memakai kueri dan fitur pencarian tersebut, upaya melacak artikel copas menjadi sangat mudah.

Image by: webconfs.com
Pertanyaan pertama: untuk apa kita mencari konten duplikat? Dua konten homogen di dua halaman berbeda, baik pada blog/web yang sama maupun di dua blog/web berbeda sanggup menjadikan penalti Google, sebab duplikasi konten dianggap merusak hasil pencarian (disamping duduk kasus hak cipta). Sayangnya, meskipun seo blog anda. Runyam bukan?

Pertanyaan kedua yang muncul adalah: seberapa efektifkah cara ini? Cukup efektif, meskipun yaaa, cara ini terbilang manual, dibanding aneka macam tool otomatis, tapi akurasinya 100%! Semua yang tersimpan di database pencarian Google sanggup kita lacak tanpa perlu mendaftar, bahkan pada beberapa layanan lain harus membayar, bukan?

Berikut 4 cara yang biasa saya gunakan dan cukup efektif:

1. Menggunakan sebaris atau 2 baris kalimat di dalam konten sebagai kueri pencarian

Ambil kepingan tertentu pada artikel anda, contohnya sebaris atau dua baris kalimat yang berdasarkan anda cukup generik. Coba ambil dari paragraf pertama, namun catatannya, biasanya para copaser cukup lihai dan jeli dalam mengedit paragraf pertama dan terakhir untuk memberik kesan unik. Oleh sebab itu saran saya ambil kepingan tertentu pada kepingan tengah (misalnya paragraf 3 atau 4), sebab biasanya mereka malas untuk melaksanakan editing di kepingan tengah, apalagi jikalau kepingan itu merupakan kepingan penting dan susah diedit. Anda mungkin harus melaksanakan beberapa pencarian dengan kueri berbeda yang diambil dari paragraf berbeda. Dari kasus yang saya temukan, kebanyakan malas melaksanakan editing, sehingga cara ini cukup efektif apabila anda ingin segera mengetahui apakah ada duplikasi konten atau tidak.

Contoh kueri pencarian :
Dua konten homogen di dua halaman berbeda, baik pada blog/web yang sama maupun di dua blog/web berbeda sanggup menjadikan penalti Google

Perlu diperhatikan bahwa Google membatasi kueri pencarian sampai 32 kata dengan mengabaikan stop words seperti di, dan, yang, serta sejenisnya; jadi perhitungkan benar kueri yang digunakan. Ini merupakan cara pertama yang biasa saya gunakan apabila ingin cepat-cepat melaksanakan cek. Kelemahannya, terkadang halaman-halaman yang mempunyai SEO berpengaruh sanggup masuk ke halaman pertama meski mempunyai rangkaian kata yang berbeda jauh.

2. Mengerucutkan pencarian (exact match keywords) dengan membubuhkan tanda kutip
Kueri:
"beberapa rangkaian kata di sini"

Fungsi dari tanda kutip ialah untuk memberi perintah pada mesin pencari Google untuk mencari rangkaian kata yang sama persis (keseluruhan string) dan mengabaikan yang lainnya; sehingga hasil pada halaman pencarian tertinggi akan memuat halaman-halaman web yang memiliki/memuat rangkaian kata yang sama persis. Dengan cara ini, anda akan menemukan halaman-halaman yang memuat konten anda sama persis dan dengan gampang pula melacaknya secara eksklusif tanpa menduga-duga apakah itu copas atau bukan. Anda sanggup memakai kueri yang sama ibarat cara pertama di atas, contohnya apabila anda ingin mengerucutkan hasil pencarian, dengan ditambah dengan tanda kutip.

Contoh kueri pencarian:
"Dua konten homogen di dua halaman berbeda, baik pada blog/web yang sama maupun di dua blog/web berbeda sanggup menjadikan penalti Google"

3. Menggunakan operator "intitle"
Kueri:

intitle:judul artikel/halaman

Tidak jarang para tukang copas melaksanakan duplikasi secara mentah-mentah, termasuk judul artikel (title tag). Anda sanggup memakai sebuah judul artikel blog anda sebagai kueri untuk mengecek apakah ada duplikasi konten demikian.

Contoh kueri pencarian:
intitle:Cara Cek Artikel yang Dicopas (Duplikat) Menggunakan Google

Anda juga sanggup memanfaatkan tanda kutip untuk menekankan exact mact keyword pada judul.

Tentu saja, hasil yang didapat di hasil pencarian tidak serta merta merupakan duplikat. Bisa jadi judul yang sama mempunyai konten berbeda, dan ini sangat mungkin ditemukan. Tapi biasanya sebuah judul artikel tetap saja unik, disusun berdasarkan gaya penulisan anda. Kaprikornus kesempatan untuk menemukan duplikasi konten berdasarkan judul yang dipakai tetap besar. Saya pribadi suka pakai cara ini untuk menemukan konten-konten yang dicopas secara mentah-mentah.

4. Menggunakan operator "inurl"
Kueri:

inurl:url-file-halaman

Sama halnya dengan "intitle", "inurl" sanggup dipakai untuk mencari duplikasi konten, khususnya yang dilakukan oleh robot (misalnya autoblog). Pemilik autoblog sangat mungkin mengubah judul artikel, tapi biasanya mereka tidak mau repot-repot mengubah url (bahkan bekerjsama tidak mau repot-repot melaksanakan keduanya) sehingga kesempatan untuk menemukan konten duplikat dengan cara ini cukup efektif. Anda akan melihat di hasil pencarian kepingan url yang mempunyai keyword sama persis akan dicetak tebal.

Contoh kueri pencarian:
inurl:tips-menulis-artikel-seo-friendly

Itu ialah 4 cara yang biasa saya gunakan untuk melacak duplikasi konten, baik sebab copas, robot autoblog, maupun untuk melacak duplikasi konten di blog sendiri. Sebenarnya ada satu fitur verifikasi kepemilikan blog ke Google Webmaster Tools (untuk blog blogger kini sudah otomatis verified jikalau anda punya akun Google valid), telah melaksanakan verifikasi authorship via Google plus, dan telah mempunyai Author Rank (memiliki label penulis valid), Google akan memperlihatkan notifikasi via Webmaster Tools mengenai deteksi duplikasi konten oleh web/blog lain. Saya pernah beberapa kali mendapat notifikasi demikian. Tapi biasanya butuh waktu usang dari jarak artikel dicopas dan diterbitkan, jadi berdasarkan saya kurang efektif dibanding cara-cara di atas. Ke depan akan saya bahas mengenai ini.

Di balik fasilitas cara-cara di atas, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Terkadang posting atau artikel yang sudah cukup usang diterbitkan mempunyai prioritas indeks yang sangat rendah, bahkan tidak sanggup ditemukan di indeks Google. Jika kasusnya demikian, saran saya gunakan copyscape.com, plagiarismdetect.com, plagspotter.com, dll. Jika ingin melaksanakan tindakan komplain dan klaim, dan kebetulan blog/web yang copas artikel anda memakai Blogger, anda sanggup melangkah lebih lanjut melalui DMCA Blogger.

© copyright Ahmad Khoirul Azmi, published only for buka-rahasia.blogspot.com.

Related Post | Artikel Terkait



Get this widget [ Here ]
Tag : SEO
0 Komentar untuk "Cara Cek Artikel Yang Dicopas (Duplikat) Dengan Kueri Google"

Back To Top