kumpulan berbagai tutorial

Max 15-Meringankan Viewport Dan Render Vray

Seringkali, kalau sudah terlalu banyak object yang kita tambahkan dengan merge kedalam scene kita, contohnya dengan menambahkan pohon, mobil, lampu gantung, viewport menjadi sangat berat, ketika kita mau menggerakkan kamera atau orbit. Dan parahnya, ketika kita render, waktu rendernya jadi sangat lama, atau dalam kasus saya, terkadang malah mati tanpa pamit2 dulu. Bener2 mengesalkan!

Untuk itu, biasanya aku akan memakai View as box, yang ada di object properties, bila aku masih ingin mengubah bendanya. Atau aku akan memakai Vray Proxy. Pada prinsipnya, Vray proxy itu ibarat kalau kita membuka kantor cabang untuk object yang kita merge, dengan Scene utama kita sebagai kantor pusatnya. Kaprikornus objectnya diwakilkan dengan benda yang sanggup kita pilih sendiri, baik dalam bentuk wiremesh, benda solid, dll. Dan ketika merender, barulah 3dsMax me'load' object tersebut, sehingga beban render Vray-nya menjadi tidak mengecewakan ringan. Setidaknya, mengurangi kemungkinan mati mendadak.

Perlu di ingat, ketika menciptakan object yang akan dijadikan Vray proxy, seluruh materialnya harus berada dalam 1 slot Map, yaitu sebuah multi/sub object, yang cara pembuatannya sudah aku jelaskan di tutorial Max 03. Ini alasannya yaitu ketika dijadikan proxy, seluruh bab dari benda2 tersebut di satukan, jadi prinsipnya ibarat editable poly, dimana dipakai material id untuk bab polygon yang beda mapping.

Selain itu bila aku akan menyebar pepohonannya untuk dijadikan latar belakang misalnya, aku akan memakai Multi Scatter ataupun Vray Scatter. Pada ketika tutorial ini dibuat, Vray scatter yang aku miliki hanya sanggup dipakai untuk Vray 1.5 an, kesannya semenjak aku sudah upgrade Vray ke Vray 2.00, aku lebih sering memakai Multi Scatter.


Multi Scatter dan Vray Scatter akan membuatkan object kita secara acak, dipermukaan suatu benda solid atau pun Spline yang sudah kita buat terlebih dahulu. Kita sanggup mengacak2 penempatan bendanya, juga skala dari bendanya, arah orientasinya, ukurannya, sehingga kelihatan lebih alami.

Tetapi untuk penyebaran pohon,  akhir2 ini aku sedang sangat menyukai sebuah plugin suplemen dari itoosoft.com, yaitu Forest Lite. Alasan utama kenapa aku menyukai plugin ini yaitu alasannya yaitu beliau gratis!! ^_^ Tapi selain itu, koleksi pohon 3dnya, yang termasuk dalam paket gratisan tadi,  sudah kompatibel dengan Vray. Dan kalau memang berminat membeli, koleksi pohon tambahannya bagus2! 

Pada prinsipnya,  Forest Lite yaitu adonan antara Vray proxy dan Multi Scatter. Dan cara penggunaannya kurang lebih memang sama dengan penggunaan Multi Scatter ataupun Vray Scatter. Namun alasannya yaitu  Multi Scatter dan Vray Scatter yaitu plugin suplemen yang harus dibeli dulu, sedangkan Forest lite gratis, maka pada tutorial ini aku akan menandakan penggunaan Forest Lite, dan kau sanggup menerapkanya ke Multi/Vray scatter bila ingin.

Selamat mencoba!!


Related Post | Artikel Terkait



Get this widget [ Here ]
0 Komentar untuk "Max 15-Meringankan Viewport Dan Render Vray"

Back To Top